Search Blog


Home About Contact Actors Actresses Supermodel Musicians Athletes

Penyakit Jantung Koroner  

Kesadaran untuk mulai hidup sehat dengan menghindari faktor-faktor risiko timbulnya penyakit jantung akan jauh lebih bermanfaat dibandingkan sudah terlanjur terkena penyakit mematikan ini. Dari segi biayanya pun akan lebih ekonomis dalam pencegahan dibandingkan pengobatan.

Seberapa besar peran jantung dalam ‘hidupnya’ seorang manusia? Jantung adalah organ tubuh yang berfungsi sebagai “pemompa darah’’ yang sejak bayi dalam kandungan ibunya telah mulai bekerja dan tidak akan berhenti selama hidup kita. Jika alat ini berhenti bekerja dalam beberapa waktu saja, maka akan berakhirlah suatu kehidupan. Jantung terbentuk dari serabut-serabut otot khusus dan dilengkapi dengan jaringan syaraf yang secara teratur dan otomatis memberikan rangsangan berdenyut bagi otot jantung. Dengan denyutan ini jantung memompa darah ke paru-paru dan seluruh tubuh termasuk arteri koroner (arteri yang memasok/mensuplai darah ke otot-otot jantung).

Dengan semakin tua dan memburuknya kondisi alat-alat tubuh oleh bermacam-macam ‘faktor risiko’ seperti tekanan darah tinggi, merokok, kolesterol yang meningkat dalam darah dan lain-lain, pembuluh darah akan menyempit dan tersumbat seperti sumbatan karat pada sebuah pipa.

Apa yang terjadi jika yang tersumbat adalah arteri koroner? Aliran darah tidak akan sampai ke otot-otot jantung yang artinya otot-otot jantung tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen sehingga timbulah suatu keadaan yang dikenal sebagai iskemik (ischaemia). Dinding arteri koroner yang mengandung serabut-serabut otot polos, oleh suatu sebab dapat berkerut (spasme) dengan akibat menyempitnya saluran pembuluh secara tiba-tiba, sehingga penderita merasakan nyeri dada, bahkan sampai terjadi serangan jantung mendadak. Manifestasi gejala yang timbul dapat berupa angina pectoris (biasanya timbul karena adanya kekurangan suplai oksigen ke otot jantung pada saat aktivitas ataupun dalam keadan istirahat) dengan sakit yang khas yaitu sesak nafas di tengah dada yang dapat menyebar sampai leher dan rahang, pundak kiri atau kanan dan lengan bahkan sampai terasa tembus ke punggung, kadang-kadang juga dirasakan seperti ‘sulit bernafas’. Kondisi lainnya dikenal dengan acute myocard infarct (AMI) yaitu rusaknya otot jantung akibat penyumbatan arteri secara total yang disebabkan pecahnya plak lemak atherosclerosis pada arteri koroner secara tiba-tiba, dan akan menimbulkan gejala sakit dada yang hebat, nafas pendek dan seringkali penderita akan kehilangan kesadaran sesaat. Kerusakan otot jantung yang terjadi cukup lama dan tidak segera dibuka sumbatannya akan menyebabkan kematian otot jantung dan tidak akan pulih lagi.

Faktor-faktor risiko penyakit jantung koroner dapat dibagi dalam 2 golongan besar, yaitu:

a. Faktor risiko alami (atau yang tidak dapat dicegah) seperti keturunan/genetik, usia, jenis kelamin (perempuan pre menopause mempunyai risiko lebih rendah terhadap penyakit ini dibandingkan laki-laki atau perempuan post menopause ).

b. Faktor risiko yang dapat diperbaiki, dikurangi atau dimodifikasi :

- Kolesterol. Kolesterol merupakan senyawa lemak kompleks yang dihasilkan oleh tubuh dan dapat juga berasal dari makanan yang kita makan. Sejauh masukan seimbang dengan kebutuhan, maka kita akan tetap sehat. Namun seringkali karena kolesterol mempunyai kadar yang tinggi dalam masakan berlemak (dan biasanya enak) maka kadar kolesterol akan meningkat sampai di atas nilai normal tolerir tubuh kita. Kelebihan itu akan mengendap dalam pembuluh darah arteri yang menyebabkan penyempitkan dan pengerasan yaitu atherosclerosis.

- Tekanan Darah Tinggi (hypertensi). Tekanan darah tinggi secara terus menerus akan menimbulkan kerusakan dinding pembuluh darah arteri secara perlahan-lahan, apabila kerusakan dinding ini diperberat dengan endapan lemak/kolesterol akan menimbulkan penyempitan rongga pembuluh darah, dan hal ini juga dapat terjadi pada arteri koroner. Kontrol yang baik pada pasien hypertensi dapat diupayakan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pembuluh darah dan meminimalkan kemungkinan terkena penyakit jantung koroner.

- Rokok. Peranan rokok terhadap Penyakit jantung koroner dapat timbul dalam beberapa cara, diantaranya:

· Karbon monoksida (CO) yang terkandung di dalam asap rokok lebih kuat menarik atau menyerap oksigen dibandingkan sel darah merah dengan haemoglobinnya sehingga menurunkan kapasitas darah merah tersebut untuk membawa oksigen ke jaringan termasuk jantung.

· Perokok memiliki kadar koleseterol HDL (‘kolesterol baik’) yang lebih rendah, berarti pelindung terhadap penyakit jantung koroner menurun.

· Merokok dapat menyembunyikan angina, yaitu sakit dada yang merupakan tanda terhadap adanya sakit jantung. Tanpa adanya gejala tersebut, penderita tidak sadar akan penyakit berbahaya yang sedang menyerangnya.

- Faktor risiko lainnya seperti Obesitas (kegemukan), Diabetes Mellitus, Kurangnya aktivitas fisik, akan dibahas lebih mendalam dalam topik- topik pembahasan berikutnya.

Langkah Langkah Untuk Memperlambat Penyakit Jantung Koroner

# Berhenti merokok.
# Perhatikan Tekanan Darah Anda. Biasanya tekanan darah normal adalah 120 (mm Hg) sistolik dan 80 (mm Hg) diastolik.
# Perhatikan Kolesterol Anda. Kolesterol Anda sebaiknya dibawah 130 (mg/dL). Bilamana Anda telah terkena serangan jantung atau juga menderita diabetes, sebaiknya kolesterol anda dibawah 70 (mg/dL).
# Perhatikan diabetes Anda.
# Makan makanan sehat yang kurang berminyak dan asin seperti buah buahan segar dan sayuran.
# Perhatikan berat Anda. Pria dengan ukuran celana lebih dari 40 inci dan wanita dengan ukuran celana lebih dari 35 inci memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner.
# Kurangi stres sebanyak mungkin dengan relaksasi dan tidak terlalu banyak pikiran.

What next?

You can also bookmark this post using your favorite bookmarking service:

Related Posts by Categories



0 komentar: to “ Penyakit Jantung Koroner